gunung dan wisata alam indonesia

Jumat, 16 Desember 2016

GUNUNG MERAPI (2.930) Mdpl beserta Jalur Pendakian


SALAM LESTARI

no.telp basecamp "selo boyolali" : 081329266656

Haloooo brong masih sehat walafiat kan ? sehat dong pastinya ya semoga kita diberi panjang umur lah sama tuhan amiinnn . oke kali ini kita akan bahas tentang Gunung Merapi, Gunung Merapi ini mempunyai ketinggian 2.930 Meter diatas permukaan laut yang terletak di kabupaten Boyolali, jawa tengah gunung ini berdekatan dengan gunung merbabu kebanyakan para pendaki jika mendaki di gunung merbabu di atas sana akan terlihat jelas pemandangan gunung merapi.

Gunung Merapi (ketinggian puncak 2.930 mdpl, per 2010) adalah gunung berapi di bagian tengah Pulau Jawa dan merupakan salah satu gunung api teraktif di Indonesia. Lereng sisi selatan berada dalam administrasi Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan sisanya berada dalam wilayah Provinsi Jawa Tengah, yaitu Kabupaten Magelang di sisi barat, Kabupaten Boyolali di sisi utara dan timur, serta Kabupaten Klaten di sisi tenggara. Kawasan hutan di sekitar puncaknya menjadi kawasan Taman Nasional Gunung Merapi sejak tahun 2004.


Gunung ini sangat berbahaya karena menurut catatan modern mengalami erupsi (puncak keaktifan) setiap dua sampai lima tahun sekali dan dikelilingi oleh permukiman yang sangat padat. Sejak tahun 1548, gunung ini sudah meletus sebanyak 68 kali. Kota Magelang dan Kota Yogyakarta adalah kota besar terdekat, berjarak di bawah 30 km dari puncaknya. Di lerengnya masih terdapat permukiman sampai ketinggian 1700 mdpl dan hanya berjarak empat kilometer dari puncak. Oleh karena tingkat kepentingannya ini, Merapi menjadi salah satu dari enam belas gunung api dunia yang termasuk dalam proyek Gunung Api Dekade Ini (Decade Volcanoes).

Jalur pendakian nya terdiri dari : jalur via new selo, jalur via kineharjo dan jalur via babadan. tetapi para pendaki mountainer sering relatif melewati jalur via selo. setelah erupsi pada tahun 2010 tahun silam dua jalur yakni kineharjo dan babadan sudah tidak dipakai lagi . Di Pos New Selo ini para pendaki gunung merapi juga bisa mendaki gunung merbabu juga letak gunung pun bertetangga . sehingga para pendaki menamai dengan istilah double M yaitu Merbabu Merapi.

berikut ini pembahasan rute jalur pendakian new selo :

Rincian rute jalur menuju ke puncak:

- NEW SELO - POS I (2 jam)
- POS I - POS II (1 jam)
- POS II - WATU GAJAH (1 jam)
- WATU GAJAH - PASAR BUBRAH (30 mnt)
- PASAR BUBRAH - PUNCAK (1 jam)
pendakian memakan waktu sekitar 6 jam untuk menuju puncak

JALUR NEW SELO

Pendakian via selo ini dimulai atau diawali dengan jalur yang beraspal menanjak untuk menuju basecamp membutuhkan waktu sekitar 10 - 15 Menit .para pendaki jiga sudah hampir sampai basecamp akan tertampak tulisan yaitu "NEW SELO" di base camp para pendaki mountainer diwajib kan seperti biasa untuk mengisi formulir / administrasi perijinan pendakian agar jika para pendaki bermasalah pada saat mendaki maka info para pendaki bisa di lihat di formulir perijinan dan mudah untuk menghubungi orang tua pendaki tersebut.


   Basecamp  -  Pos 1 

Setelah sampai di base camp para pendaki bisa memulai pendakian, 1 jam perjalanan dari base menuju ke pos 1 medan jalur masih berbatu, tempat pos 1 ini terdapat rumah kecil seperti warung yang cukup bagus biasanya para pendaki beristirahat sejenak di pos 1


   Pos 1 - Pos 2

Medan jalur pendakian selanjut nya dari pos 1 menuju ke pos 2 tetap masih berupa bebatuan full da cukup menanjak tanpa bonus, perlu di perhatikan jika medan full bebatuan para pendaki juga harus lebih berhati-hati karena biasanya bebatuan rawan jatuh pada saat kaki menginjak kan di tumpuan batu.

   Pos 2 - Watu gajah menuju ke Pasar bubrah
Sekitar 2 jam perjalanan pendakian akan sampai dibatas vegetasi berupa medan jalur bebatuan kecil yaitu krikil tetapi tidak terlalu menanjak, ambil jalur kekiri untuk menuju ke pasar bubrah. pasar bubrah ini adalah pos terakhir di kaki puncak gunung merapi. lokasi nya juga cukup luas berupa tanah padat berpasir yang tandus terdapat pemandangan atau view gunung merbabu yang nampak jelas


   Pasar bubrah - Puncak Limas

Pendakian menuju ke puncak gunung merapi ini sudah tidak adalagi asuransi, pihak pengelola gunung merapi tersebut tidak bertanggung jawab jika masih ada para pendaki yang nekat naik ke puncak gunung merapi. perjalanan pendakian menuju ke puncak gunung merapi membutuhkan waktu sekitar 1,30 jam dengan medan jalur berpasir sebelum menjadi medan bebatuan yang labit atau terjal. para pendaki harus lebih berhati-hati lagi karena bebatuan diarea situ rawan jatuh, sehingga para pendaki harus menjaga jarak.

Bibir kawah puncak gunung merapi berupa jurang menganga lebar yang selalu menyambut pendaki setibanya sampai diatas puncak. Kawah ini masih aktif mengepulkan asap belerang pekat dibawah jurang sedalam ratusan meter.

beriku adalah pemandangan view dari gunung merapi:






disarankan jika para pendaki ingin mendaki di gunung ini silahkan hubing basecamp dan contac/no telp tertera diatas guna untuk mengetahui keadaan gunung merapi dan jangan mendaki pada saat musim hujan atau cuaca buruk.

semoga artikel tentang pendakian gunung merapi bisa bermanfaat bagi para pendaki mountainer. dan terimakasih sudah mengunjingi dan membaca

note : bawalah kembali/turun sampah anda, karena hutan bukan tempat pembuangan sampah
Share:

4 komentar:

Laman

WISATA ALAM

Diberdayakan oleh Blogger.