gunung dan wisata alam indonesia

Selasa, 13 Desember 2016

GUNUNG PENANGGUNGAN (1.653) Mdpl

SALAM LESTARI

no.telp basecamp - 081232162477 (tamiajeng)

Yaaa... brong kali ini kita akan bahas tentang Gunung Penanggungan . Gunung ini biasanya cocok banget buat para pendaki pemula atau hanya sekedar mendaki untuk foto" atau bergaya biar keliatan pendaki gitu wkwkwk 😆 bercanda ya brong soalnya sekarang kan lagi banyak anak" hitz yg naik gunung biar keliatan keren gitu 😉😉😉 padahal naik gunung tujuannya kan bukan itu hehe tapi gapapa lah terserah mereka aja . Nggak usah basa basi lahya kali ini kita bahas langsung saja tentang Gunung Penanggungan .


Gunung Penanggungan atau yg biasa disebut pawitra dengan tingginya hanya 1.653 mdpl ( Meter Dari Permukaan Laut ) merupakan gunung berapi kerucut yang terletak di Jawa Timur , Indonesia . Posisi gunung ini berada di dua kabupaten , yaitu Kabupaten Pasuruan dan Kabupaten Mojokerto dan berjarak 55km dari Surabaya , wah cocok buat pendaki" pemula dari surabaya soalnya deket hehe . Gunung penanggungan merupakan gunung kecil yg berada pada satu kluster atau satu daerah dengan gunung yg lebih besar yaitu Gunung Welirang dan Gunung Arjuno . Gunung ini sering disebut anakan dari gunung semeru wah gunung juga bisa buat anak wkwk , sering disebut seperti itu karena gunung penanggungan mempunyai puncak yg sama dengan mahameru karena di puncaknya terdapat hamparan pasir dan bebatuan yg sangat luas dan indah seperti di mahameru . Tapi kata orang jawa sih gunung penanggungan merupakan salah satu puncak mahameru yg dipindahkan oleh penguasa alam katanya sih . Penanggungan sendiri merupakan salah satu gunung suci dari 9 gunung suci di jawa .

Dilihat dari sisi sejarah, gunung ini memiliki nilai yang penting. Di sekujur lereng gunung ini ditemui berbagai peninggalan purbakala, baik candi, pertapaan, maupun petirtaan dari periode Hindu-Buddha di Jawa Timur. Berdasarkan studi selama dua tahun (2012-2014) ditemukan 116 situs percandian atau objek kepurbakalaan, mulai dari kaki sampai mendekati puncak gunung . Beberapa struktur yang ditemukan adalah Gapura Jedong (926 Masehi), Petirtaan Jalatunda (abad ke-10), Petirtaan Belahan, Candi Kendalisodo, Candi Merak, Candi Yudha, Candi Pandawa, dan Candi Selokelir. Selain bangunan Hindu, ditemukan pula punden berundak dan tempat pertapaan. Candi-candi di Gunung Penanggungan memiliki gaya yang unik, yaitu bangunannya menempel pada dinding gunung/lereng, tidak berdiri sendiri.

Berikut gambar tampak Gunung Penanggungan dari arah kali Porong :













Berikut gambar tampak Gunung Penaggungan dari arah penanjakan Bromo :














Berikut tampak dari puncak Gunung Penanggungan :














Sangat indah bukan? memang indonesia ini sangat terkenal akan indahnya alamnya . Meskipun gunung penanggungan merupakan gunung yg termasuk kecil tetapi jika ingin mendaki safety merupakan paling utama setelah fisik yg kuat , tujuan kita di puncak adalah untuk menikmati dan melestarikan alam indonesia ini bukan untuk merusaknya tetap jaga etika dan kesopanan karena alam tidak saja sebagai sahabat yg baik tetapi alam juga bisa menjadi musuh yg jahat bagi kita semua tergantung dari tindakan kita kepada mereka , Mungkin itu saja pembahasan kita tentang Gunung Penanggungan , sekali lagi SAFETY merupakan yg paling utama saat pendakian yaaa sekian dari saya goodnight brong ..... KeepHikeAndLoveMountain byeee..... Thanks For reading .
Share:

2 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus

Laman

WISATA ALAM

Diberdayakan oleh Blogger.