gunung dan wisata alam indonesia

Minggu, 01 Januari 2017

GUNUNG SUMBING (3.371) M.dpl beserta Jalur Pendakian


SALAM LESTARI

no.telp base camp: - 085868611446

Haloo... para pendaki mountainer yang berkinginan melakukan pendakian yang bisa dikatakan penjelajah alam di gunung - gunung memiliki kenikmatan dengan keindahan gunung di indonesia dan membuat ketagihan untuk lebih berkeinginan ke gunung lain. berikut ini saya akan membahas gunung sumbing dengan rute jalur pendakian dan informasi tentang gunung sumbing.

Gunung Sumbing adalah gunung api yang terdapat di jawa tengah, indonesia. berdiri tegak setinggi 3.371 meter di atas permukaan laut, gunung sumbing merupakan gunung tertinggi ketiga di Pulau jawa setelah gunung semeru dan gunung slamet. gunung ini secara administratif terletak di tiga wilayah kabupaten, yaitu kabupaten magelang; kabupaten temanggung; dan kabupaten wonosobo. bersama dengan gunung sindoro, gunung sumbing membentuk bentang alam gunung kembar, seperti gunung merapi dan gunung merbabu, apabila dilihat dari arah temanggung. celah antara gunung ini dan gunung sindoro dilalui oleh jalan provinsi yang menghubungkan kota temanggung dan kota wonosobo. jalan ini biasa dijuluki sebagai kledung pass.


view gunung sumbing 




Tidak diketahui pasti kapan gunung ini meletus, tetapi di puncaknya terdapat kawah yang masih aktif. Gunung Sumbing mempunyai kawasan hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan Hutan Ericaceous atau hutan gunung. Sebagian besar wilayah kereng gunung ini telah digunakan untuk lahan pertanian. "wikipedia"

Gunung Sumbing ini memiliki beberapa jalur pendakian yakni: via Garung (Wonosobo), Cepit Parakan (Temanggung), dan Bowongso (Wonosobo), diantara jalur-jalur tersebut, jalur Garung merupakan jalur paling populer dan terkenal diantara kalangan pendaki.

Jalur via Garung

Jalur pendakian via garung ini merupakan jalur pendakian yang relatif banyak dilalui oleh para pendaki. jalur garung ini termasuk jalur pertama kali dibuat. desa garung mudah ditempuh dengan transportasi bus kota. menuju ke basecamp dari jalan utama hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit jalan kaki. jalur ini mempunyai sumber air tetapi hanya terdapat di dekat pos 1.



  Basecamp  -  Pos 1 


Jalur pendakian dari basecamp menuju ke pos 1 berupa jalan teratur menanjak panjang di dekat perkebunan penduduk yang bisa dilalu motor penduduk yang setiap harinya berkebun. para pendaki bisa menumpangi ojek tetapi. jika jalan kaki akan memakan waktu tempuh sekitar 2 jam. pos 1 berupa tempat warung yang bisa digunakan untuk istirahat dan ada penjual makanan dan minuman.

Sumber:manusialembah.blogspot.co.id

Pos 1 - Pos 2

Melanjutkan perjalanan menuju ke pos 2 sudah mulai memasuki hutan, jalur dengan medan tanah yang padat dan tetap sedikit menanjak. pos 2 tempat nya berupa tanah yang cukup luas dan bisa menampung 3 tenda. tidak ada tempat seperti warung sehingga ditandai dengan tulisan plakat pos 2
untuk menuju ke pos 2 ini memakan waktu sekitar 2 jam.

gambar pos 2 genus 
   Pos 2 - Pos 3

Setelah sampai di pos 2 para pendaki dianjurkan istirahat terlebih dahulu karena untuk menuju ke pos 3 ini jalur semakin menanjak yang sangat curam, para pendaki juga harus lebih berhati - hati ditambah jika terjadi musim hujan medan jalur akan lebih licin dan cukup berbahaya cukup melelahkan juga. membutuhkan waktu sekitar 1 jam perjalanan.

   Pos 3 - Pestan
Pos 3 menuju ke pestan ini, tidak membutuhkan waktu lama dan tidak terlalu melelahkan. diarea tempat pestan tersebut biasanya para pendaki mendirikan tenda dengan tempat yang cukup luas tetapi tidak ada pepohonan atau bebatuan bisa dibilang rawan dengan badai. pestan ini merupakan titik persimpangan antara jalur garung lama dan jalur garung baru. membutuhkan waktu sekitar setangah jam.

 Gambar Pos 3 pestan 


   Pestan - Watu kotak

Dari pestan menuju ke watu kotak perjalanan para pendaki akan diuji, karena para pendaki akan melewati jalur yang cukup dibilang ekstrim serta menanjak dan penuh dengan bebatuan. tenaga yang dibutuhkan juga cukup terkuras. disepanjang jalan para pendaki juga akan melihat pemandangan gunung sindoro yang akan menemani perjalanan para pendaki. jalur nya sangat jelas dan ada sedikit tanah datar yang bisa digunakan untuk mendirikan tenda 1-2 saja. membutuhkan waktu sekitar 2 jam perjalanan.



Sumber:manusialembah.blogspot.co.id

   Watu kotak - Puncak
Tidak lama lagi para pendaki akan menuju ke puncak setelah sampai di watu kotak ke puncak gunung sumbing masih tetap bebatuan besar menanjak . sebelum ke puncak buntu, ada pertigaan jalur jika lurus akan menuju ke puncak buntu dan jika belok kanan akan menuju ke puncak kawah dan puncak rajawali

Sumber:pendaki-gunung.com

Puncak kawah lebih tinggi dari pada puncak buntu meskipun bukan puncak tertinggi. menuju ke puncak kawan para pendaki akan harus melipir ke tebing kecil yang cukup ekstrim. dan untuk menuju ke puncak rajawali, pendaki harus turun dan kemudian kembali menanjak dengan kemiringan curam.
Sumber:bluetripper.com

Sumber:manusialemcah.blogspot.co.id

Rincian dan estimasi waktu tempuh perjalanan pendakian:

Basecamp – Pos 1 (2 jam berjalan kaki, setengah jam naik ojek)
Pos 1 – Pos 2 (kurang lebih 2 jam)
Pos 2 – Pos 3 (kurang lebih 1 jam)
Pos 3 - Pestan (kurang lebih setengah jam)
Pestan – Watu Kotak (kurang lebih 1,5 jam)
Watu Kotak – Puncak Buntu/Kawah (kurang lebih 2 jam)
Puncak Kawah - Puncak Sejati (kurang lebih 15 menit)

Diatas adalah merupakan pembahasan dari gunung lawu. untuk mengetahui informasi atau keadaan gunung sebelum mendaki para pendaki bisa menghubungi no telp yang tertera di atas .dan waktu terbaik pada saat mendaki dilain cuaca hujan .jika ingin mendapatkan pemandangan yang bagus yaitu pada ssat cuaca cerah . Thanks For Read.

note : bawalah kembali/turun sampah anda, karena hutan bukanlah tempat sampah.
Share:

3 komentar:

Laman

WISATA ALAM

Diberdayakan oleh Blogger.